Rahmi, Yuniza (2021) Peningkatan Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Kelas IV SD Negeri 12 Padang Cupak Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_YUNIZA_RAHMI_17129446_3000_2021.pdf [thumbnail of final_B1_06_YUNIZA_RAHMI_17129446_3000_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_YUNIZA_RAHMI_17129446_3000_2021.pdf
Download (423kB)
Abstract
Penelitian ini diawali dengan observasi, hasil observasi menunjukkan guru masih mendominasi dalam proses pembelajaran tematik dibandingkan peserta didik. Sehingga peserta peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini secara umum untuk peningkatkan pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe Talking Stick di kelas IV SDN 12 Padang Cupak Pesisir Selatan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Disetiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Kelas IV SDN 12 Padang Cupak Pesisir Selatan dengan jumlah 32 orang peserta didik, 17 orang laki – laki dan 15 orang perempuan.
Hasil penelitian pada : a) RPP siklus I dengan rata-rata 81,94 % dalam kategori Baik (B), dan siklus II meningkat menjadi 94,44% dalam kategori Sangat Baik (SB), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 83,33 % dalam kategori Baik (B), dan siklus II meningkat menjadi 94,44% dalam kategori Sangat Baik (SB), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 83,33% dalam kategori Baik (B), dan siklus II meningkat menjadi 94,44% dalam kategori Sangat Baik (SB).Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Cooperative Learning tipe Talking Stick dapat meningkatkan pembelajaran tematik terpadu dikelas IV SDN 12 Padang Cupak Pesisir Selatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, tematik terpadu, model cooperative learning tipe talking stick |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fini Alya Putri |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 01:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 01:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20797 |