Lestari, Yuni (2017) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Mengidentifikasi Sifat-Sifat Bangun Ruang di SD Negeri 27 Anak Air kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_YUNI_LESTARI_1300483_4086_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_YUNI_LESTARI_1300483_4086_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_YUNI_LESTARI_1300483_4086_2017.pdf
Download (595kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum pernahnya diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di SD Negeri 27 Anak Air. Model pembelajaran Jigsaw mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal. Guru belum melakukan pembelajaran yang berkelompok, sehingga komunikasi pembelajaran hanya satu arah dan mengakibatkan kurang adanya timbal balik antara guru dengan siswa untuk aktif dan kreatif dalam menyerap dan mempertajam gagasannya.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri 27 Anak Air.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 27 Anak Air. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kelas VC sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol, dengan jumlah siswa dimasing-masing kelas adalah 31 siswa. Instrument penelitian berupa tes tertulis. Tes yang digunakan adalah tes objektif dengan jenis pilihan ganda (multiple choice). Instrumen diujicobakan terlebih dahulu kemudian data hasil uji coba tersebut dianalisis dengan uji validitas, uji reliabilitas tes, uji daya beda soal dan uji indeks kesukaran soal. Nilai tes akhir dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis data.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa dari hasil postes didapatkan nilai rata-rata ranah kognitif kelas eksperimen yaitu 79,76, lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 67,96. Nilai thitung hasil belajar kognitif (4,00) lebih besar daripada ttabel (2,00). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar kognirif siswa pada materi mengidentifikasi sifta-sifat bangun ruang di kelas V SD Negeri 27 Anak Air Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar kognitif, Jigsaw, Sifat-sifat Bangun Ruang |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fini Alya Putri |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 01:28 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 01:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20757 |