Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika SMA Kelas X Berorientasi Strategi Pemecahan Masalah Ideal

Syafwan, Syafwan (2016) Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika SMA Kelas X Berorientasi Strategi Pemecahan Masalah Ideal. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_SYAFWAN_54949_5166_2016.pdf] Text
final_B1_06_SYAFWAN_54949_5166_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidik memerlukan beberapa unsur pendukung untuk mencapai tujuan pembelajaran, seperti bahan ajar maupun strategi pembelajaran. Kenyataan di lapangan memperlihatkan cakupan, urutan, dan fokus bahan ajar untuk setiap unit masih perlu dikembangkan. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi untuk meningkatkan kompetensi peserta didik secara utuh. Salah satu unsur pendukung tersebut adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) fisika SMA Kelas X berorientasi strategi pemecahan masalah. Strategi ini terdiri atas lima tahapan pembelajaran, yaitu Identify the problem, Define the problem, Explore solution, Act on the strategy, Look back and evaluate the effect (IDEAL).
Jenis penelitian ini adalah “Research and Development” dengan four-D model yaitu define, design, develop, dan disseminate . Namun pada penelitian ini, hanya dilaksanakan hingga tahap develop. Sementara itu, tahapan disseminate tidak dilaksanakan, karena berbagai keterbatasan. Produk yang dihasilkan diuji validitas, praktikalitas dan efektivitasnya. Uji validitas oleh Drs. Asrul, M.A, Drs. Gusnedi, M.Si, Dra. Murtiani, M.Pd, Drs. Amali Putra, M.Pd dan Drs. Masril, M.Si selaku dosen Fisika Universitas Negeri Padang. Selanjutnya, diujicoba secara terbatas di kelas X MIA 2 SMAN 1 Padang untuk mengetahui praktikalitas dan efektivitas LKPD yang dikembangkan dengan praktisi oleh 3 orang pendidik dan 21 orang peserta didik SMAN 1 Padang melalui pengisian angket.
Jenis penelitian ini adalah “Research and DevelopmentBerdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan tiga hasil penelitian. Pertama, LKPD Fisika SMA/MA Kelas X berorientasi strategi pemecahan masalah IDEAL memiliki kategori sangat valid dengan nilai rata-rata 82.58. Kedua, nilai hasil uji coba terbatas menunjukkan LKPD Fisika Fisika SMA Kelas X berorientasi strategi pemecahan masalah IDEAL sangat praktis dan efektif digunakan di dalam pembelajaran. Nilai rata-rata praktikalitas LKPD menurut pendidik dan peserta didik memiliki kategori sangat valid dengan nilai rata-rata 80,02. Ketiga, Adanya peningkatan kompetensi pengetahuan peserta didik.” dengan four-D model yaitu define, design, develop, dan disseminate . Namun pada penelitian ini, hanya dilaksanakan hingga tahap develop. Sementara itu, tahapan disseminate tidak dilaksanakan, karena berbagai keterbatasan. Produk yang dihasilkan diuji validitas, praktikalitas dan efektivitasnya. Uji validitas oleh Drs. Asrul, M.A, Drs. Gusnedi, M.Si, Dra. Murtiani, M.Pd, Drs. Amali Putra, M.Pd dan Drs. Masril, M.Si selaku dosen Fisika Universitas Negeri Padang. Selanjutnya, diujicoba secara terbatas di kelas X MIA 2 SMAN 1 Padang untuk mengetahui praktikalitas dan efektivitas LKPD yang dikembangkan dengan praktisi oleh 3 orang pendidik dan 21 orang peserta didik SMAN 1 Padang melalui pengisian angket.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKPD Fisika, Strategi Pemecahan Masalah, Problem Solving Ideal.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 12 Aug 2025 01:25
Last Modified: 12 Aug 2025 01:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20738

Actions (login required)

View Item
View Item