Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Minyak Bumi SMAN 7 Padang

Novrianti, Rosi (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Minyak Bumi SMAN 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_ROSI NOVRIANTI_05105.pdf] Text
final_B1_7_ROSI NOVRIANTI_05105.pdf

Download (666kB)

Abstract

Keberhasilan penerapan ilmu pengetahuan ditentukan oleh keberhasilan pelaksanaan kegiatan pembelajaran, yakni keterpaduan antara kegiatan pendidik dengan kegiatan peserta didik. Oleh karena itu, pendidik harus mampu mengoptimalkan kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dengan memaksimalkan aktivitas belajar. Salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada pokok bahasan minyak bumi di SMAN 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 7 Padang tahun pelajaran 2011/2012 terdiri dari 10 kelas yaitu X1 sampai X10 dan hanya 3 lokal yang homongen, sampel diambil secara acak dengan teknik Random Sampling dari kelas yang homogen dan terplih kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan X3 sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini merupakan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada ranah kognitif yang diperoleh dari nilai tes akhir. Hasil belajar kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing memperoleh nilai rata-rata 70,48 dan kelas kontrol dengan pembelajaran tanpa kooperatif tipe snowball throwing 55,48. Setelah dilakukan uji-t’ pada taraf nyata 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) sebesar 60 diperoleh thitung sebesar 3,90 sedangkan ttabel sebesar 1,70. Hal ini berarti t’hitung > t’tabel , maka hipotesis penelitian diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada pokok bahasan minyak bumi hasil belajar siswa lebih tinggi secara signifikan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, model pembelajaran kooperatif, Snowball Throwing, minyak bumi, eksperimen pendidikan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 11 Aug 2025 06:27
Last Modified: 11 Aug 2025 06:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20714

Actions (login required)

View Item
View Item