Fauliyah, Yuni (2017) Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Komplek Surau Gadang Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_YUNI_FAULIAYAH_1304995_4419_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_YUNI_FAULIAYAH_1304995_4419_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_YUNI_FAULIAYAH_1304995_4419_2017.pdf
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum pernahnya guru mencoba menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran IPS di Kelas IV SD. Selain itu, belum diketahui pengaruh pendekatan CTL terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN Komplek Surau Gadang Kecamatan Nanggalo Kota Padang.Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh pendekatan CTL terhadap hasil belajar IPS siswa.
Jenis penelitian ini adalah quasy eksperimen dengan rancangan The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Komplek Surau Gadang Kecamatan Nanggalo Kota Padang tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 3 SD dengan jumlah 182 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVA dan IVB SDN 05 Surau Gadang yang berjumlah 60 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes objektif yang berjumlah 28 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial (uji-t).
Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai posttest pada kelompok kontrol yaitu 67,63 dan kelompok eksperimen 76,3. Nilai thitung sebesar 2,624 dengan P-Value sebesar 0,011. Jadi, nilai P-Value yang diperoleh lebih kecil dari α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Komplek Surau Gadang Kecamatan Nanggalo Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fini Alya Putri |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 06:24 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 06:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20691 |