Weri, Supan M (2012) Pengaruh Model Pembelajaran PAIKEM terhadap Hasil Belajar KKPI Siswa Kelas X RPL SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_Supan_ Weri_ Mandar_94288_2233_2013.pdf [thumbnail of final_B1_06_Supan_ Weri_ Mandar_94288_2233_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_Supan_ Weri_ Mandar_94288_2233_2013.pdf
Download (754kB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan dilapangan yaitu di SMKN 1 Sintuk Toboh gadang, masih banyaknya siswa kelas X RPL yang memperoleh hasil belajar KKPI di bawah standar kriteria minimum yang ditetapkan sekolah yaitu ≥ 70 dengan rentangan 0 - 100. Rendahnya hasil belajar siswa kelas X RPL SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang selama ini karena kurangnya respon siswa dalam proses belajar mengajar, seperti bertanya, memberikan tanggapan, mencetuskan gagasan dan memberikan memberikan saran. Dalam proses belajar mengajar siswalah yang menjadi pusat pembelajaran (student centre), sedangkan guru hanya bersifat sebagai fasilitator. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil belajar KKPI siswa kelas X RPL SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Jenis data yang diperlukan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Adapun data primer adalah data yang diperoleh langsung dari hasil belajar siswa dalam kelas, sedangkan data sekunder adalah hasil belajar siswa yang diperoleh dari guru pada mata pada mata pelajaran KKPI. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X RPL di SMKN 1 Sintuk Toboh gadang sebanyak 107 orang siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data dianalisis secara manual dengan uji normalitas, uji homogenitas varians dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi setelah menerapkan model pembelajaran PAIKEM memiliki nilai rata-rata 74,83, sedangkan hasil belajar siswa tanpa menerapkan model pembelajaran PAIKEM memiliki nilai rata-rata 69,14. Dengan demikian maka disimpulkan bahwa secara signifikan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari pada rata-rata kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Student Centre, Model Pembelajaran PAIKEM, Eksperimen, Simple Random Sampling. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 06:24 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 06:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20689 |