Pengaruh Strategi Belajar Preview, Question, Read, Summerize, dan Test (PQRST) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman di kelas IV SDN 27 Sungai Sapih Kecamatan Kuranji Padang

Andriani, Yuni (2017) Pengaruh Strategi Belajar Preview, Question, Read, Summerize, dan Test (PQRST) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman di kelas IV SDN 27 Sungai Sapih Kecamatan Kuranji Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_YUNI_ANDRIANI_1304952_3719_2017.pdf] Text
final_B1_06_YUNI_ANDRIANI_1304952_3719_2017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan siswa dalam membaca pemahaman, siswa juga kurang mampu dalam menjawab pertanyaan, menentukan kalimat utama, dan membuat ringkasan. pembelajaran membaca pemahaman masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian adalah untuk melihat pengaruh strategi PQRST terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV di SD Negeri 27 Sungai Sapih Kecamatan Kuranji Padang
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 27 Sungai Sapih dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling, yaitu 25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian ini berupa tes tertulis berbentuk objektif. Teknik analisis data menggunakan bantuan program Microsoft Excel. analisis data dilakukan dengan menggunakan uji lilifors.
Berdasarkan hasil posttest diperoleh bahwa rata-rata keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan strategi belajar PQRST (kelas eksperimen) lebih tinggi dibandingkan rata-rata keterampilan membaca pemahaman dengan tidak menggunakan strategi belajar PQRST (kelas kontrol). Rata-rata nilai pretest yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 74,16 dan rata-rata nilai pretest kelas kontrol 72,76 Setelah dilakukan treatment pada kelas eksperimen, maka diperoleh tara-rata posttest kelas eksperimen yaitu sebesar 84,72 dan kelas kontrol sebesar 82,76. Hasil analisis data dari pengujian hipotesis dengan menggunakan teknik Paired Sampel T-Test diperoleh thitung sebesar 2,789 pada taraf signifikansi 0,05. dengan demikian, H1 diterima dan H0 ditolak karena 2,789 > 2,0106, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi PQRST terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV di SD Negeri 27 Sungai Sapih Kecamatan Kuranji Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi belajar PQRST, Membaca Pemahaman
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fini Alya Putri
Date Deposited: 11 Aug 2025 06:24
Last Modified: 11 Aug 2025 06:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20688

Actions (login required)

View Item
View Item