Penerapan Performance Assessment untuk Meningkatkan Aktivitas,Keterampilan dan Hasil Belajar AutoCAD Siswa Kelas XI TPM di SMK Muhammadiyah 1 Padang

Habsari, Vidya (2017) Penerapan Performance Assessment untuk Meningkatkan Aktivitas,Keterampilan dan Hasil Belajar AutoCAD Siswa Kelas XI TPM di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_VIDYA_HABSARI_17067137_774_2019.pdf] Text
final_B1_7_VIDYA_HABSARI_17067137_774_2019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal kenyataan belum maksimalnya hasil pembelajaran AutoCAD di sekolah. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil pembelajaran. Salah satu faktornya adalah sistem penilaian. Melihat gejala tersebut, maka digunakan alternatif penilaian yaitu performance assessment. Untuk melihat apakah aktivitas, keterampilan dan hasil pembelajaran dapat di tingkatkan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneliti bertindak sebagai guru yang melaksanakan tindakan. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI TPM SMK Muhammadiyah 1 Padang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-Februari 2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Data dikumpulkan degan menggunakan lembar observasi dengan melihat perubahan aktivitas belajar siswa pada siklus I dan II selama menerapkan performance assessment. Data yang diperoleh diolah melalui metode presentase.
Berdasarkan hasil pengamatan, peningkatan terlihat dari setiap variabel, yaitu aktivitas, keterampilan dan hasil belajar dengan menggunakan performance assessment. Pada siklus I rata-rata aktivitas adalah 50,66% dan pada siklus II adalah 84,86%. Selain peningkatan pada aktivitas belajar siswa, hasil belajar juga mengalami peningkatan, hal ini dapat terlihat dari peningkatan ketuntasan klasikal. Ketuntasan klasikal siklus I adalah 55,5%, sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus II adalah 88,8%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan performance assessment dapat meningkatkan aktivitas, keterampilan dan hasil belajar siswa pada pelajaran AutoCAD di kelas XI TPM SMK Muhammadiyah 1 Padang. Penerapan performance assessment salah satu metode penilaian yang dianjurkan bagi guru untuk dapat meningkatkan aktivitas, keterampilan dan hasil belajar pada pelajaran AutoCAD.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Performance Assessment, Aktivitas Belajar, Kreativitas Belajar,Hasil Belajar, AutoCAD.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1
Depositing User: Zul Fikri Haikal
Date Deposited: 11 Aug 2025 02:47
Last Modified: 11 Aug 2025 02:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20682

Actions (login required)

View Item
View Item