Jasri, Hilda (2017) Studi Komparatif Penggunaan Speed Test Pada Pembelajaran Tari Di SMP N 3 Kabupaten Batang Hari Provinsi Jambi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_HILDA_JASRI_1205442_139_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_HILDA_JASRI_1205442_139_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_HILDA_JASRI_1205442_139_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMP N 3 Batang Hari. Tujuan penelitian ini
adalah membuat siswa menjadi aktif, tertarik, dan tidak melakukan kecurangan
dalam menjalankan tes. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif yang menghasilkan data perhitungan berupa angka-angka dari siswa
yang diamati.
Pemahaman pembelajaran seni tari memiliki peranan penting dalam
mencapai tujuan hasil belajar yang baik. Namun, kenyataannya pemahaman
pembelajaran siswa SMP N 3 Batang Hari belum berkembang secara optimal. Hal
ini terlihat dari hasil belajar siswa. Di samping itu, siswa juga kurang terlibat
secara aktif dalam proses pembelajaran. Alternatif yang dapat dijadikan solusi
untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan penggunaan speed test. Setiap
penggunaan speed test akan menuntun siswa secara optimal dalam memahami,
aktif dalam pembelajaran, dan tidak curang dalam melakukan tes, sehingga siswa
dapat memahami pembelajaran seni tari dengan baik. Tujuan dari penelitian ini
adalah mengetahui apakah hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 3 Batang Hari
yang pembelajarannya di akhiri dengan penggunaan speed test lebih baik dari
pada pemahaman pembelajaran siswa menerapkan penggunaan non-speed test.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan rancangan Static
Group Design. Populasi adalah siswa-siswi kelas VIII SMP N 3 Batang Hari
Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 70 orang. Penarikan sampel
dilakukan dengan teknik purposif sampling, kelas VIII.5 terpilih sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII.7 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan
adalah tes akhir untuk melihat hasil perbandingan hasil belajar seni tari.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh = 0,019 dengan .
Karena < , maka H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti bahwa hasil
belajar siswa yang belajar dengan penggunaan speed test lebih baik dari pada
siswa yang belajar dengan penggunaan non-speed test
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 02:38 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 02:38 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20665 |