Hernis, Hernis (2017) Meningkatkan Pembelajaran Pianika Melalui Strategi Tutor Sebaya di Kelas VIII.2 SMP Negeri 3 Sungai Pua Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_HERNIS_14023068_985_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_HERNIS_14023068_985_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_HERNIS_14023068_985_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran bermain
musik pianika dengan menggunakan strategi tutor sebaya di kelas VIII.2 SMP Negeri
3 Sungai Pua Kabupaten Agam. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian pengambilan data melalui beberapa tahap
yaitu: tahap pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Proses pemecahan permasalahan dimulai
dari perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation),
menganalisa data dan informasi untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan hasil
tindakan (reflection). Teknik pengambilan data dengan cara wawancara, observasi
dan dokumentasi. Analisis data meliputi tiga komponen: reduksi data, sajian data dan
penarikan kesimpulan
Berdasarkan analisa data penelitian, dapat disimpulkan hasil penelitian bahwa
strategi tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan bermain alat
musik pianika khususnya kelas VIII.2 di SMP Negeri 3 Sungai Pua Kabupaten Agam.
Hal ini dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar siswa yang terjadi peningkatan
dari 27 siswa pada pra siklus, 7 siswa (26%) memperoleh nilai ≥ 80, pada siklus 1
terjadi peningkatan 11 siswa (40,7%) memperoleh nilai ≥ 80, dan meningkat cukup
pesat pada siklus 2 yaitu: 23 siswa (85,3%) berhasil memperoleh nilai ≥ 80.
Sedangkan siswa yang belum berhasil memperoleh nilai ≥ 80 hanya 4 siswa (14,8%).
Berdasarkan hasil penelitian tersebut para guru disarankan untuk menggunakan
metode yang tepat dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran seni budaya, salah satu metode tersebut adalah metode tutor sebaya
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 01:45 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 01:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20653 |