Robyanto, Robyanto (2012) Hubungan Suasana Lingkungan Belajar Dalam Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Pendingin Tata Udara SMK Negeri 3 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_ROBYANTO_02744_2012_4247.pdf [thumbnail of final_B1_7_ROBYANTO_02744_2012_4247.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_ROBYANTO_02744_2012_4247.pdf
Download (123kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Suasana Lingkungan Belajar Dalam Kelas X Jurusan Teknik Pendingin Tata Udara SMK Negeri 3 Pariaman, serta seberapa besar hubungan yang terjadi antara Suasana Lingkungan Belajar Dalam Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X jurusan Teknik Pendingin Tata Udara SMK Negeri 3 Pariaman. Berawal dari pengamatan peneliti, Guru dalam menerapkan metode pembelajaran masih bersifat monoton dan kurang menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa, kurang terciptanya suasana keakraban dimana terlihat hubungan antar siswa kurang harmonis, kurang kondusifnya suasana lingkungan belajar dalam kelas mengakibatkan rendahnya motivasi belajar.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional, populasinya adalah siswa kelas X Jurusan Teknik PendinginTata Udara SMK Negeri 3 Paraiaman yang berjumlah 22 orang. Penelitian ini tidak dilakukan metode penarikan sampel karena jumlah siswanya dibawah 100 orang maka penelitian ini menggunakan populasi sebanyak 22 orang. Pengumpulan data dari responden dilakukan melalui angket untuk variabel X dan variabel Y. Teknik analisis data yang diguanakan adalah: (1) Deskripsi data, (2) Pengujian persyaratan analisis uji normalitas, (3) Pengujian Hipotesis.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa suasana lingkungan belajar dalam kelas berhubungan dengan Motivasi Belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,919592 pada taraf signifikan 5 % dengan kategori interpretasi koefisien korelasi tinggi . Dengan demikian dapat dikatakan bahwa suasana lingkungan belajar dalam kelas berhubungan secara signifikan dengan Motivasi Belajar siswa. Dari hasil analisis diperoleh koefisien determinasi sebesar 84,5%, artinya suasana lingkungan belajar dalam kelas mempengaruhi motivasi belajar siswa sebesar 84,5%, sedangkan 15,5% dipengaruhi oleh faktor lainnya seperti lingkungan keluarga, kurikulum, tenaga pengajar, sarana dan prasarana, kesehatan, dan lain-lain. Hal ini berarti semakin baik suasana lingkungan yang diciptakan pada saat pembelajaran atau teroganisasinya seluruh kegiatan kelas dengan baik maka semakin baik pula Motivasi Belajar siswa dalam belajar di kelas
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hubungan, Suasana, Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 08:36 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 08:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20637 |