Aumi, Vika (2016) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Aktivitas Kelas dan Laboratorium Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pokok Bahasan Laju Reaksi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_VIKA_AUMI_1201515_3538_2016.pdf [thumbnail of final_B1_7_VIKA_AUMI_1201515_3538_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_VIKA_AUMI_1201515_3538_2016.pdf
Download (4MB)
Abstract
lmu kimia merupakan ilmu yang pembelajarannya melibatkan aktivitas di kelas dan di laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk aktivitas kelas dan laboratorium berbasis inkuiri terbimbing pada pokok bahasan laju reaksi, serta mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitasnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan pendidikan (Educational Design Research), dengan menggunakan model pengembangan Plomp. Tahapan model pengembangan ini terdiri dari preliminary research (penelitian pendahuluan), prototyping stage (tahap pembuatan prototipe) dan assessment phase (tahap penilaian). LKS yang dikembangkan divalidasi oleh 6 validator (3 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 3 orang guru kimia SMA). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dihasilkan LKS untuk aktivitas kelas dan laboratorium berbasis inkuiri terbimbing pada pokok bahasan laju reaksi dengan nilai rata-rata validitas adalah 0,86, nilai praktikalitas 0,84 dari guru dan nilai praktikalitas dari siswa sebesar 0,76. Bardasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk aktivitas kelas dan laboratorium berbasis inkuiri terbimbing dapat dikembangkan untuk pokok bahasan laju reaksi, dan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk aktivitas kelas dan laboratorium berbasis inkuiri terbimbing pada pokok bahasan laju reaksi yang dikembangkan memiliki kategori kevalidan yang sangat tinggi, kepraktisan yang sangat tinggi untuk guru, dan kepraktisan yang tinggi untuk siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKS berbasis inkuiri terbimbing, laju reaksi, model pengembangan Plomp, validitas dan praktikalitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Zul Fikri Haikal |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 08:35 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 08:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20629 |