Interaksi Guru Mata Pelajaran Sosiologi dengan Pengawas Mata Pelajaran Sosiologi di Kota Pariaman

Vita, Elda (2017) Interaksi Guru Mata Pelajaran Sosiologi dengan Pengawas Mata Pelajaran Sosiologi di Kota Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_ELDA_VITA_1201806_5078_2017.pdf] Text
B1_04_ELDA_VITA_1201806_5078_2017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti dalam interaksi Guru mata pelajaran sosiologi dengan pengawas mata pelajaran sosiologi di Kota Pariaman kurang efektif. Interaksi merupakan kunci dari semua kehidupan sosial, begitu pun interaksi yang terjadi antara guru mata pelajaran sosiologi dengan pengawas mata pelajaran sosiologi diperlukan interaksi yang efektif agar dapat meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui serta mengungkapkan bagaimana interaksi guru mata pelajaran sosiologi dengan pengawas mata pelajaran sosiologi dalam kegiatan supervisi pendidikan di Kota Pariaman.
Dalam menganalisis penelitian ini, peneliti menggunakan sosiation yang dikemukakan oleh George Simmel. Teori ini menyatakan bahwa kenyataan sosial bersifat antar pribadi (interpersonal), dimana masyarakat lebih dari hanya sekedar kumpulan individu serta pola perilakunya, namun masyarakat tidak indenpenden dari individu yang membentuknya. Sebaliknya masyarakat menunjuk pada pola-pola interaksi timbal-balik antar individu yang keberdaannya sangat kompleks dalam masyarakat yang besar bahkan kelihatan sangat rill secara objektif pada individu. Adapun peneliti menggunakan dua macam proses sosial yang mengakibatkan adanya interaksi sosial Asosiation And Disosiation yang dikemukakan oleh Gillin dan Gillin. Asosiatif merupakan perilaku yang mengarah kepada bentuk positif seperti, kerja sama, akomodasi, asimilasi. Disosiatif merupakan perilaku yang mengarah kepada bnetuk negatif seperti, persaingan, kontraversi, dan pertentangan.
Penelitian ini dimulai dari tanggal 07 Januari 2017 sampai tanggal 07 Maret 2017.Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan tipe penelitian adalah studi kasus, dan subjek informan dalam penelitian ini adalah koordinator pengawas di dinas pendidikan, pengawas mata pelajaran sosiologi, guru sosiologi dan kepala sekolah atau wakil kepala sekolah yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara mendalam. Validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi data. Analisis data yang dilakukan adalah model analisis interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan terdapat dua macam proses yang mengakibatkan adanya interaksi sosial yaitu asosiatif dan disosiatif. Bentuk asosiatif yaitu(1). Kerjasama guru dengan pengawas, (2). Kerjasama koordinator pengawas dengan pengawas, (3). Pengawas sebagai narasumber dalam MGMP. Bentuk disosiatif yaitu (1). Kontraversi guru dengan pengawas, (2). Pengawas jarang datang ke sekolah, (3). Pengawas tidak pernah masuk kelas, (4). Kinerja pengawas kurang optimal.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: INTERAKSI, GURU, PENGAWAS, KOORDINATOR PENGAWAS
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 06 Aug 2025 07:59
Last Modified: 06 Aug 2025 07:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20540

Actions (login required)

View Item
View Item