Nofrizal, Nofrizal (2012) Pengaruh Penggunaan CD Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Siswa Kelas Xi SMK Adikarya Balai Selasa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NOFRIZAL_08267_2012_2734.pdf [thumbnail of final_B1_6_NOFRIZAL_08267_2012_2734.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NOFRIZAL_08267_2012_2734.pdf
Download (323kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian adalah Penggunaan CD Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Siswa Kelas XI SMK Adikarya Balai Selasa. Tujuan dari penelitian ini adalah pengaruh Penggunaan CD Multimedia Interaktif terhadap hasil belajar siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah : Terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil pembelajaran menggunakan CD Multimedia Interaktif terhadap hasil pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi kelas XI SMK Adikarya Balai Selasa. Jenis penelitian adalah Quasi Experimental, populasi dalam penelitian siswa kelas XI SMK Adikarya Balai Selasa tahun pajaran 2011/2012, teknik analisis data yang digunakan uji – t bertujuan untuk melihat perbedaan perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol. Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah proses pembelajaran yang berlangsung pada kelas eksperimen (Pembelajaran Menggunakan CD Multimedia Interaktif) memiliki keunggulan dari kelas kontrol (pembelajaran konvensional), dapat dirasakan pada saat proses pembelajaran berlangsung, hal ini disebabkan karena pada kelas eksperimen siswa yang dibimbing untuk dapat mengembangkan kemampuan dan potensinya, dan hasil belajar siswa menggunakan CD Multimedia Interaktif ini lebih baik dari pada menggunakan metoda pembelajaran konvensional. Ini terlihat dari rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 79.41 sedangkan kelas kontrol 71.18. Serta ditemukannya nilai signifikan yaitu hasil belajar siswa kelas eksperimen = 0,097 > 0,05 dan hasil belajar kelas kontrol = 0,104 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang menerima model pembelajaran dengan menggunakan CD Multimedia Interaktif dengan hasil belajar siswa yang model pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, hipotesis Ho ditolak dan Hi diterima.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CD Multimedia Interaktif, Pengaruh Pembelajaran, Hasil Belajar |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Muhammad Ray Yanarzon |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 07:57 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 07:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20539 |