Nofrina, Nofrina (2013) Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dengan Langkah Tipe Polya Bagi Siswa kelas IV SD Semen Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NOFRINA_50660_1371_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_NOFRINA_50660_1371_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NOFRINA_50660_1371_2013.pdf
Download (393kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataaan di sekolah bahwa peserta didik dalam proses pembelajaran soal cerita khususnya soal cerita KPK dan FPB sering merasa kesulitan dalam menyelsaikan soal cerita tersebut.Karna siswa kurang memahami masalah, belum bisa merencanakan penyelesaian masalah serta tidak memahami bagaimana cara menyelesaikan soal cerita tersebut.dan banyak diantara siswa yang tidak mau memeriksa kembali hasil yang telah diperoleh. Sehingga peserta didik menganggap bahwa soal cerita adalah soal yang paling sulit untuk diselesaikan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan pembelajaran,pelaksanaan,dan peningkatan hasil belajar soal cerita KPK dan FPB dengan Pendekatan langkah Tipe Polya bagi siswa kelas IV SD Semen Padang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2011/2012 di SD Semen Padang Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang, dengan subjek penelitian berjumlah 24 orang, yang terdiri dari peserta didik laki-laki 14 orang dan peserta didik perempuan adalah 10 orang. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan langkah - langkah tipe Polya pada soal cerita KPK dan FPB dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari pencapaian perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar peserta didik pada akhir tindakan. Dimana dari aspek penilaian perencanaan pembelajaran pada siklus I dari 80.32 meningkat menjadi 89.25 pada siklus II. Sedangkan pada pelaksanaan ditinjau dari aspek guru terjadi peningkatan dari 72.5 pada siklus I meningkat menjadi 83.75 pada siklus II.dan dari aspek siswa meningkat dari 75 pada siklus I menjadi 82.5 pada siklus II.sedangkan dilihat dari hasil belajar siswa meningkat dari 71.29 pada siklus I menjadi 80.27 pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Hasil Belajar KPK dan FPB melalui Langkah Polya pada Siswa Kelas IV SD Semen Padang |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Ray Yanarzon |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 07:50 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 07:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20535 |