Desmawati, M (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) di Kelas IV SDN 03 Alai Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DESMAWATI_95513_2415_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_DESMAWATI_95513_2415_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DESMAWATI_95513_2415_2014.pdf
Download (983kB)
Abstract
Penelitian diawali karena pembelajaran IPS yang bersifat teoritis tanpa siswa tahu bagaimana pengaplikasian pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran IPS selama ini kurang memacu siswa untuk mengembangkan teknologi, sehingga seakan-akan antara teknologi dan sains tidak saling berkaitan. Padahal antara teknologi, sains dan masyarakat saling berkaitan, dikenal dengan istilah sains teknologi masyarakat (STM). Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan pendekatan STM di Kelas IV SDN 03 Alai Kota Padang.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari hasil penilaian RPP, hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru dan siswa, serta evaluasi. Subjek peneliti adalah guru dan siswa kelas IV.
Hasil penelitian menunjukkan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Penilaian RPP untuk siklus I pertemuan 1 adalah 72%, siklus I pertemuan 2 adalah 81% dan siklus II adalah 91%. Penilaian pelaksanaan dari aktivitas guru siklus I pertemuan 1 adalah 75%, siklus I pertemuan 2 adalah 82% dan siklus II adalah 93%. Untuk aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 adalah 64%, siklus I pertemuan 2 adalah 75% dan siklus II adalah 93%. Penilaian hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah kognitif 63, afektif 66 dan psikomotor 67, siklus I pertemuan 2 adalah kognitif 72, afektif 75 dan psikomotor 78, siklus II adalah kognitif 95, afektif 90 dan psikomotor 88. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa Pendekatan STM dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 03 Alai Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPS, STM |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 07:50 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 07:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20534 |