Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) di Kelas V SDN 28 Rawang Timur Padang

Desmawati, Desmawati (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) di Kelas V SDN 28 Rawang Timur Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DESMAWATI_50637_186_2013.pdf] Text
final_B1_6_DESMAWATI_50637_186_2013.pdf

Download (279kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengalaman peneliti mengajar di kelas V SDN 28 Rawang Timur, ditemukan bahwa guru jarang sekali menggunakan metode yang bervariasi. Guru dominan menggunakan metode ceramah, sering menyampaikan pelajaran secara klasikal, kurang membimbing siswa dalam belajar kelompok, kurang memberikan motivasi, kurang memberikan kesempatan siswa untuk berintegrasi dengan temannya. Keadaan ini berdampak kepada siswa yang tidak tidak aktif, kaku, tidak terbuka, tidak mampu belajar secara mandiri, kurang mengembangkan berbagai sikap dan nilai serta keterampilan sosial. Sehingga pada akhirnya hasil belajar siswa rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa peneliti melakukan penelitian tindakan kelas (PTK).
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas V SDN 28 Rawang Timur Padang, dengan jumlah siswa 27 orang. Penelitian ini dilakukan pada semester I tahun ajaran 2012/2013, yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, dengan alokasi waktu dalam setiap pertemuan 3 x 35 menit.
Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1, nilai rata-rata kognitif adalah 70,55, afektif 66,11 dan psikomotor 68,26. Siklus I pertemuan 2 mengalami peningkatan nilai rata-rata kognitif menjadi 74,07, afektif 70,74 dan psikomotor 71,33. Siklus II pertemuan 1 rata-rata nilai kognitif adalah 77,96, afektif 75,8 dan psikomotor 76,8. Pada siklus II pertemuan 2 mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata kognitif menjadi 82,59, afektif 78,26 dan psikomotor 78,56. Peningkatan hasil belajar dari siklus I sampai siklus II disebabkan perubahan aktivitas yang dilakukan oleh siswa maupun guru ke arah yang lebih baik, sehingga hasil belajar juga baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Group Investigation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 06 Aug 2025 07:39
Last Modified: 06 Aug 2025 07:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20528

Actions (login required)

View Item
View Item