Desmarni, Desmarni (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Metode Inside-Outside-Circle pada Siswa Kelas IV SD 03 Balai-Balai Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DESMARNI_58438_1728_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_DESMARNI_58438_1728_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DESMARNI_58438_1728_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan pengalaman peneliti selama mengajarkan IPS di kelas IV SD 03 Balai-Balai Padang Panjang, IPS dirasakan siswa sebagai pembelajaran yang membosankan. Akibatnya hasil belajar IPS siswa rendah. Oleh karena itu peneliti mencoba memperbaikinya dengan menggunakan pendekatan kooperatif model Inside-Outside-Circle (Lingkaran kecil–Lingkaran besar). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: Rancangan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan kooperatif model Inside-Outside-Circle pada siswa kelas IV SD 03 Balai-Balai Padang Panjang.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif yaitu mengamati fenomena yang terjadi di lapangan yang menghasilkan data deskriptif serta prilaku yang diamati dari guru dan siswa. Analisis kuantitatif adalah mengolah data hasil belajar IPS siswa dan lembar tindakan guru dan siswa secara statistik yang menghasilkan data berupa angka-angka. Dalam menganalisis data, peneliti berkolaborasi dengan guru kelas V.
Hasil penilaian RPP siklus I pertemuan I adalah 75%, dan pertemuan II naik menjadi 96%. Pada siklus II pertemuan I menjadi 100%. Hasil penilaian aktifitas guru pada siklus I pertemuan I adalah 78%, dan pertemuan II naik menjadi 96%. Pada siklus II pertemuan I menjadi 100%. Begitu juga hasil penilaian aktifitas siswa pada siklus I pertemuan I adalah 78%, dan pertemuan II naik menjadi 96%. Pada siklus II pertemuan I menjadi 100%. Hasil belajar IPS siswa adalah sebagai berikut: Hasil rata-rata penilaian pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan kooperatif model Inside-Outside-Circle adalah sebagai berikut: Siklus I pertemuan I adalah rata-rata 62,05, dan pertemuan II naik menjadi 72,64. Pada siklus II pertemuan I menjadi rata-rata 87,35.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPS, Inside-Outside-Circle |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 07:25 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 07:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20519 |