Tingkat Kepuasan Pemustaka terhadap Komunikasi Verbal dan Non Verbal Pustakawan di Perpustakaan Universitas Negeri Padang.

Yunita, Efri (2021) Tingkat Kepuasan Pemustaka terhadap Komunikasi Verbal dan Non Verbal Pustakawan di Perpustakaan Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_08_EFRI_YUNITA_17234011_2642_2021.pdf] Text
final_B1_08_EFRI_YUNITA_17234011_2642_2021.pdf

Download (914kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) komunikasi verbalpustakawan dalam melayani pemustaka di Perpustakaan Universitas NegeriPadang, 2) komunikasi non verbal pustakawan dalam melayani pemustaka diPerpustakaan Universitas Negeri Padang, dan 3) tingkat kepuasan pemustakaterhadap komunikasi verbal dan non verbal pustakawan di PerpustakaanUniversitas Negeri Padang.Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan metodedeskriptif melalui penyebaran angket sebagai sumber data. Populasi dalampenelitian ini adalah pemustaka Perpustakaan Universitas Negeri Padangberjumlah 42.886 orang dan dengan sampel berjumlah 100 orang. Pengambilansampel ditentukan berdasarkan teknik simple random sampling. Analisis datadilakukan secara deskriptif, mengunakan rumus mean dengan model skalainterval.Hasil dari angket penelitian yang penulis lakukan mengarah kepadakesimpulan yaitu: 1) komunikasi verbal pustakawan dalam melayani pemustakatergolong tinggi karena memiliki rata-rata total sebesar 3,73 berada dalam rentanginterval 3,41-4,20 dalam kategori baik, 2) komunikasi non verbal pustakawandalam melayani pemustaka tergolong tinggi karena memiliki rata-rata totalsebesar 3.80 berada dalam rentang interval 3,41-4,20 dalam kategori baik, dan 3)tingkat kepuasan pemustaka terhadap komunikasi verbal dan non verbalpustakawan secara keseluruhan adalah positif. Hasil tersebut diketahui dari skorrata-rata yang didapat yaitu 3,72 berada dalam rentang interval 3,41- 4,20 dalamkategori baik. Artinya menurut pemustaka tingkat kepuasan pemustaka terhadapkomunikasi verbal dan komunikasi komunikasi non verbal dinilai sudah sesuaiharapan pemustaka dan bernilai baik dan pemustaka merasa ―puas‖ terhadaplayanan yang diterima. Namun, masih terdapat 1 indikator dan 3 butir pernyataanmemiliki skor tergolong rendah dengan perolehan nilai rata-rata dalam rentang2,61-3,40 dengan kategori kurang baik berada di zona negatif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEPUASAN PEMUSTAKA, KOMUNIKASI VERBAL, NON VERBAL PUSTAKAWAN
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 06 Aug 2025 07:25
Last Modified: 06 Aug 2025 07:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20518

Actions (login required)

View Item
View Item