Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Penggunaan Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas IV SDN 46 Tuanku Amir Kec. Lintau Buo Utara

Marlina, Desleni (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Penggunaan Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas IV SDN 46 Tuanku Amir Kec. Lintau Buo Utara. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DESLENI_MARLINA_52698_893_2012.pdf] Text
final_B1_6_DESLENI_MARLINA_52698_893_2012.pdf

Download (374kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Masalah utama dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan penggunaan pendekatan kooperatif tipe jigsaw di kelas IV SDN 46 Tuanku Amir Kec. Lintau Buo Utara. Masalah tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang diselenggarankan guru dominan menggunakan model konvensional, dimana guru yang berperan aktif sementara siswa lebih banyak diam dan mendengarkan sehingga pembelajaran menjadi menoton. Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan penggunaan pendekatan kooperatif tipe jigsaw di kelas IV SDN 46 Tuanku Amir Kec. Lintau Buo Utara.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian terdiri dari dua siklus yang terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.
Penilaian RPP pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan dari 75% menjadi 98% sedangkan dalam pelaksanaan pembelajaran yang semulanya siswa malu – malu dalam melaporkan hasil diskusi dan akhirnya telah berani, begitu juga saat belajar kelompok telah dapat meningkatkan kerja sama. Persentase dari segi aktivitas guru siklus I 83% dan siklus II 89%, segi aktivitas siswa siklus I 71% dan siklus II 89%. Ketuntasan kognitif siswa siklus I 63% dan pada siklus II 78%, segi afektif siklus I 75% dan siklus II 92%, segi psikomotor siklus I 75% dan siklus II 91%. Dengan demikian dapat disimpulkan penelitian tindakan dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe JIGSAW dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 46 Tuanku Amir Kecamatan Lintau Buo Utara.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, PKn, Jigsaw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 06 Aug 2025 05:43
Last Modified: 06 Aug 2025 05:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20511

Actions (login required)

View Item
View Item