Khorina, Riza (2012) Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Permainan Tutup Botol Berwarna di Kelompok B pada TKI Darul Falah Padang panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_RIZA_KHORINA_08409_4298_2012.pdf [thumbnail of final_B1_7_RIZA_KHORINA_08409_4298_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_RIZA_KHORINA_08409_4298_2012.pdf
Download (754kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan di kelas B1 di TKI Darul Falah Padang panjang, dalam kenyataan yang peneliti lihat bahwa kemampuan berhitung anak masih kurang maksimal, dimana anak ditemukan masih kurang menguasai konsep angka 1 sampai 10, anak masih mengalami kesulitan dalam berhitung baik dalam penambahan maupun pengurangan dan model pembelajaran yang digunakan kurang menyenangkan dan membosankan sehingga anak kurang aktif dalam kegiatan berhitung. Hal ini disebabkan kurangnya alat peraga yang digunakan guru sebagai media pada kegiatan berhitung anak sehingga kegiatan berhitung sangat membosankan bagi anak.
Berdasarkan komponen diatas berhitung perlu diberikan kepada anak. Penelitian ini bertujuan agar anak mampu dalam penguasaan konsep angka 1 sampai 10, mampu dalam penjumlahan dan pengurangan serta mengenal perbedaan warna. Metodologi penelitian yang peneliti lakukan adalah metode Tanya jawab dan praktek langsung.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian anak kelas B1 di TKI Darul Falah Padang panjang tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 17 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Data tentang kemampuan berhitung anak dalam pembelajaran diperoleh dari lembar observasi yang dianalisis dengan persentase. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, hasil penelitian di siklus I peningkatan berhitung anak masih rendah sehingga dilanjutkan ke siklus II, pada siklus II terjadilah peningkatan mencapai 75 % sehingga tujuan dari kegiatan berhitung mencapai Kriteria Ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan permainan tutup botol berwarna dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak khususnya di TKI Darul Falah Padang panjang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berhitung, permainan tutup botol, konsep angka, pembelajaran anak |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 04:47 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 04:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20500 |