NOFRIAWATI, NOFRIAWATI (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan Menggunakan Metode Bermain Peran di Kelas V SDN 13 Sarik Alahan Tigo Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NOFRIAWATI_95436_3469_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_NOFRIAWATI_95436_3469_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NOFRIAWATI_95436_3469_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan guru sering menerapkan pembelajaran konvensional dimana guru menjadi pusat pembelajaran sehingga pembelajaran bersifat monoton, akibatnya hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan belum sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar metode bermain peran di kelas V SDN 13 Sarik Alahan Tigo Solok Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan Pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya Penelitian Tindakan kelas ini meliputi tahap : perencanaan, pelaksanan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan oleh peneliti berkolaborasi dengan guru kelas V sebagai pengamat/observer. Hasil penelitian untuk Perencanaan Pembelajaran Siklus I diperoleh rata-rata 83,9, Siklus II 96,4. Untuk pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 81,8, Siklus II 94,2. Sedangkan dari aspek siswa Siklus I diperoleh rata-rata 78,9, Siklus II diperoleh 92,3. Hasil belajar aspek kognitif Siklus I diperoleh rata-rata 72,2, dan Siklus II 87,3. Rata-rata hasil belajar aspek afektif Siklus I adalah 78,3, dan Siklus II 83,5. Hasil belajar aspek psikomotor siklus I adalah 71,3 san siklus II 83,9. Rata-rata hasil belajar siklus I adalah 73,9. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II adalah 84,9. Dengan demikian Metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan, Metode Bermain Peran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Ray Yanarzon |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 04:47 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 04:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20498 |