Sefiyanti, Feren (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick di Kelas V SDN 07 Binuang Kampung Dalam Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_FEREN_SEFIYANTI_17129209_5043_2021.pdf [thumbnail of final_B1_06_FEREN_SEFIYANTI_17129209_5043_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_FEREN_SEFIYANTI_17129209_5043_2021.pdf
Download (664kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar siswa yang masih belum
maksimal dan pembelajaran yang belum terlaksana dengan baik, bertujuan
meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif
tipe Talking Stick di kelas V SDN 07 Binuang Kampung Dalam Kota Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
mengkombinasikan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua
siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi,
dokumentasi, dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sebagai observer,
peneliti sebagai praktisi, dan siswa kelas V SDN 07 Binuang Kampung Dalam
dengan jumlah siswa 11 orang yaitu 7 orang laki-laki dan 4 orang perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II.
Presentase pengamatan RPP pada siklus I 84,7% dengan kualifikasi baik
meningkat menjadi 91,7% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Pada
hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, presentase untuk aspek guru pada
siklus I yaitu 81,9% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 91,7% pada
siklus II dengan kualifikasi sangat baik dan presentase untuk aspek siswa pada
siklus I yaitu 81,9% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 91,7% dengan
kualifikasi sangat baik pada siklus II. Sedangkan dari hasil belajar siswa, pada
siklus I nilai rata-ratanya 69,9 dengan kualifikasi baik (dengan presentase
ketuntasan pertemuan I 18,1% dan pertemuan II 36,3%) meningkat menjadi 81,1
dengan kualifikasi sangat baik (dengan presentase ketuntasan 63,6%) pada siklus
II. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick
dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di
kelas V SDN 07 Binuang Kampung Dalam.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 07:38 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 07:38 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20495 |