Rahayu, Desi Sri (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran PAKEM (Partisipatif, Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) dalam Pembelajaran Seni Musik pada Siswa Kelas X IPS 2 SMA N 3 Solok Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DESI_SRI_RAHAYU_15853_3519_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_DESI_SRI_RAHAYU_15853_3519_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DESI_SRI_RAHAYU_15853_3519_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 2 di SMA Negeri 3 Solok Selatan, yang mana pada sebelumnya diketahui bahwa hasil belajar seni musik khusunya kelas X IPS 2 di SMA Negeri 3 Solok Selatan masih rendah. Untuk itu peneliti melakukan penelitian tidakan kelas (PTK) agar adanya peningkatan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran seni musik dengan menggunakan model pembelajaran PAKEM (Partisipatif, Aktif, Kreatif, Efektif, dan menyenangkan).
Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, dimana peneliti bertindak langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran seni budaya dengan materi musik nontradisional. Kelas X IPS 2 berjumlah 34 orang, 10 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Data-data dikumpulkan melalui lembaran observasi kemudian dianalisis menggunakan analisis persentase.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran PAKEM dalam pembelajaran seni musik dari siklus I ke siklus II dalam penilaian ketiga aspek yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Untuk aspek Kognitif pada siklus I sebanyak 51%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 62,17%. Untuk aktivitas belajar siswa pada siklus I sebanyak 50%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 64,2%. Dan untuk hasil nilai keterampilan siswa pada siklus I sebanyak 65%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 75%. Maka dari hasil yang didapatkan, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran PAKEM dalam pembelajaran seni musik dapat meningkatkan hasil belajar siswa maupun aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, hal ini terjadi karena dengan model pembelajaran PAKEM siswa akan dituntut berpatisipasi, aktif, kreatif dalam proses PBM, maka pembelajaran akan berjalan efektif dan menyenangkan bagi siswa. Untuk itu diharapkan kepada guru mata pelajaran seni budaya agar menggunakan berbagai macam model pembelajaran yang ada, salah satunya model pembelajaran PAKEM.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PAKEM, Hasil Belajar, Seni Musik |
Subjects: | M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 04:47 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 04:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20494 |