Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) di Kelas V SDN 01 Ulak Karang Selatan Kec. Padang Utara

Sari, Desi Ratna (2014) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) di Kelas V SDN 01 Ulak Karang Selatan Kec. Padang Utara. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DESI_RATNA_SARI_15663_3611_2014.pdf] Text
final_B1_6_DESI_RATNA_SARI_15663_3611_2014.pdf

Download (926kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya kenyataan dilapangan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan. Sehingga siswa sulit untuk menemukan ide pokok dan membuat simpulan dari teks bacaan yang dibacanya. Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa menggunakan model kooperatif tipe Cooperative integrated reading and composition (CIRC) di kelas V SDN 01 Ulak Karang Selatan Kec. Padang Utara pada tahap prabaca, saatbaca, dan pascabaca.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah peneliti sebagai praktisi dan siswa kelas V SDN 01 Ulak Karang Selatan Kec. Padang Utara berjumlah 26 siswa, yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman dengan model kooperatif tipe CIRC yaitu ada tiga tahap yaitu tahap prabaca, tahap saatbaca, dan tahap pascabaca. Prosedur penelitian dilaksanakan melalui perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Data penelitian ini berupa informasi tentang hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan. Penilaian dari aspek guru dan aspek siswa pada siklus I adalah 68% dan 70%, sedangkan siklus II adalah 92% dan 90%. Perolehan hasil penilaian pembelajaran membaca pemahaman pada siklus I : tahap prabaca nilai rata-rata kelas 65, tahap saatbaca nilai rata-rata kelas 70, dan tahap pascabaca nilai rata-rata kelas 78. Perolehan hasil penilaian pembelajaran membaca pemahaman pada siklus II : tahap prabaca nilai rata-rata kelas 85, tahap saatbaca nilai rata-rata kelas 90, sedangkan tahap pascabaca 89. Dengan demikian model kooperatif tipe CIRC telah dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Membaca Pemahaman, Kooperatif CIRC, SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 06 Aug 2025 04:46
Last Modified: 06 Aug 2025 04:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20483

Actions (login required)

View Item
View Item