Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Pendekatan Konstruktivis di Kelas IV SDN 08 Maek Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota

Sari, Desi Purnama (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Pendekatan Konstruktivis di Kelas IV SDN 08 Maek Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DESI_PURNAMA_SARI_07536_148_2013.pdf] Text
final_B1_6_DESI_PURNAMA_SARI_07536_148_2013.pdf

Download (559kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru dan masih melaksanakan pembelajaran secara konvensional. Sehingga hasil belajar IPS siswa rendah, untuk itu peneliti melalui penelitian tindakan kelas ini ingin mencoba meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan konstruktivis dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 08 Maek. Pendekatan konstruktivis adalah suatu pendekatan yang menjadikan siswa aktif membina pengetahuaan berasaskan pengetahuan yang sudah ada. Tujuan dari PTK ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan penggunaan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan konstruktivis pada pembelajaran IPS dengan materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 08 Maek dengan jumlah 21 orang.
Hasil penelitian siklus I dari segi hasil belajar 69%, penilaian RPP 83%, penilaian aspek guru 78%, aspek siswa 67% sedangkan pada siklus II meningkat hasil belajar menjadi 82%, penilaian RPP 98%, aspek guru 98%, aspek siswa 98%. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar siswa. Dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas melalui pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Konstruktivis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 06 Aug 2025 04:01
Last Modified: 06 Aug 2025 04:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20479

Actions (login required)

View Item
View Item