Murniza, Desi Nst (2013) Peningkatan Hasil Belajar Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di Kelas IV SD Negeri 04 Gunung Tuleh Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DESI_MURNIZA_NST_57103_461_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_DESI_MURNIZA_NST_57103_461_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DESI_MURNIZA_NST_57103_461_2013.pdf
Download (431kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kenyataan di lapangan pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar (SD) belum menggunakan pendekatan realistik. Berdasarkan pengamatan peneliti di SD Negeri 04 Gunung Tuleh Pasaman Barat mengajarkan matematika masih dengan cara tradisional dengan arti kata belum mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan nyata siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang pembelajaran KPK dengan pendekatan pendidikan matematika realistik.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang terdiri dari dua siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan tes. Subjek peneliti adalah guru, peneliti (praktisi) dan siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian dari setiap siklus yang telah dilaksanakan terlihat adanya peningkatan hasil belajar siswa siklus I pertemuan I dengan hasil RPP 79%, siklus I pertemuan II meningkat menjadi 82,41% sedangkan pada siklus II menjadi 92,85%. Aktivitas guru pada pembelajaran KPK dengan PMR siklus I pertemuan I adalah 71,42%, pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 75%, sedangkan siklus II menjadi 92,85%. Aktivitas siswa pada pembelajaran KPK dengan PMR siklus I pertemuan I adalah 60,71%, persentase ketuntasan 56,00%, siklus I pertemuan II meningkat menjadi 71,42%, persentase ketuntasan 68,67%, sedangkan siklus II menjadi 89,28%, persentase ketuntasan 85,33%. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan juga terlihat adanya peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Jadi dapat di simpulkan bahwa pendekatan PMR dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran KPK di kelas IV SD Negeri 04 Gunung Tuleh Pasaman Barat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, KPK, Pendidikan Matematika Realistik |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 04:00 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 04:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20474 |