Peningkatan Keterampilan Menulis Ringkasan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script bagi Siswa Kelas VI SDN 36 Cengkeh Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang

Sari, Desi Kurnia (2014) Peningkatan Keterampilan Menulis Ringkasan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script bagi Siswa Kelas VI SDN 36 Cengkeh Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DESI_KURNIA_SARI_95484_3289_2014.pdf] Text
final_B1_6_DESI_KURNIA_SARI_95484_3289_2014.pdf

Download (507kB)

Abstract

Keterampilan menulis ringkasan siswa masih rendah. Hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran menulis ringkasan guru tidak memberikan arahan dalam menulis ringkasan sehingga ide-ide pokok yang dicatat oleh siswa belum sesuai dengan isi teks, guru tidak mengarahkan siswa-siswa untuk bertukar peran dan menjelaskan tugasnya,guru belum melakukan tahap perbaikan/revisi bersama dengan siswa sehingga siswa tidak mengetahui kesalahan dalam penggunaan EYD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan menulis ringkasan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script bagi siswa kelas VI SDN 36 Cengkeh Kec.Lubuk Begalung Kota Padang.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 36 Cengkeh Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang yang berjumlah 26 orang, peneliti, dandiamati 2 orang teman sejawat guru kelas V dan guru kelas VI sebagai observer. Prosedur penelitian terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil pengamatan, dokumentasi, dan hasil pembelajaran menulis. Kegiatan pembelajaran terdiri dari: pramenulis, saatmenulis, dan pascamenulis.
Dari hasil penelitian siklus I diperoleh keterampilan menulis ringkasan pada tahap pramenulis 63, saat menulis 73 danpasca menulis 70. Pada siklus II diperoleh keterampilan menulis ringkasan pada tahap pramenulis 77, saat menulis 81 dan pasca menulis 87. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan penelitian mengalami peningkatan dari nilai rata-rata keseluruhan pada siklus I adalah 69 dengan kualifikasi cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 81 dengan kualifikasi sangat baik. Oleh sebab itu model Coperative Script dapat meningkatkan keterampilan menulis ringkasan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menulis Ringkasan, Cooperative Script, Keterampilan Menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 06 Aug 2025 04:00
Last Modified: 06 Aug 2025 04:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20470

Actions (login required)

View Item
View Item