Herawati, Desi (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Metode Problem Solving di Kelas IV SDN 03 Pakan Labuah Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DESI_HERAWATI_95467_2018_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_DESI_HERAWATI_95467_2018_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DESI_HERAWATI_95467_2018_2013.pdf
Download (317kB)
Abstract
Penelitian dimulai dari kenyataan di SDN 03 Pakan Labuah Bukittinggi, siswa sulit memahami pelajaran IPS. Terbukti dengan nilai IPS siswa kurang memuaskan. Penyebabnya adalah proses pembelajarannya bersifat konvensional, guru mendominasi pembelajaran dan menganggap IPS cenderung bersifat hafalan. Diantara berbagai metode pembelajaran, salah satunya yaitu metode problem solving. Metode ini dapat membangkitkan kemampuan berfikir dan kreatifitas siswa sehingga dapat memecahkan masalah sesuai dengan pengetahuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan, pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis PTK. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV. Sedangkan prosedur penelitian ialah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penilaian RPP siklus I pertemuan 1 adalah 75, pengamatan kegiatan guru 78,8, kegiatan siswa 75, sedangkan hasil pembelajaran aspek kognitif diperoleh rata-rata 73,8, afektif 69,9, psikomotor 70. Penilaian RPP siklus I pertemuan 2 adalah 85,7, pengamatan kegiatan guru 86,5, kegiatan siswa 88,5, sedangkan hasil pembelajaran aspek kognitif diperoleh rata-rata 78,4, afektif 74,3, psikomotor 76. Penilaian RPP siklus II ialah 89,3, pengamatan kegiatan guru 94,2, kegiatan siswa 92,3. Dari aspek kognitif diperoleh nilai rata-rata 90,8, afektif 86,5, psikomotor 82,7. Berdasarkan tindakan pembelajaran dengan metode problem solving dalam pembelajaran IPS di kelas IV dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Siswa, Metode Problem Solving, IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 03:59 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 03:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20466 |