Fitri, Desi (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD Negeri 01 Suayan Kec. Akabiluru. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DESI_FITRI_1105627_805_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_DESI_FITRI_1105627_805_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DESI_FITRI_1105627_805_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena ketika proses pembelajaran guru kurang memotivasi siswa khususnya pada pembelajaran IPA. Kadang kala guru kurang mengorganisasikan siswa untuk belajar, guru kurang memberikan kesempatan siswa untuk berfikir menyelesaikan masalah, guru kurang maksimal melibatkan siswa belajar mandiri dalam kelas, akibatnya hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dikelas IV SD Negeri 01 Suayan Kec.Akabiluru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 01 Suayan Kec.Akabiluru. Penelitian dilaksanakan secara kolaborasi antara peneliti dan guru kelas IV (observer). Penelitian terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus 2 × pertemuan. Data penelitian berupa hasil pengamatan dari proses pembelajaran IPA dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa dan guru. Prosedur penelitian meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/ observasi, dan (4) refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I rata-rata 87,14% (B) meningkat pada siklus II rata-rata 97,14% (SB). b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I rata-rata 76,00% (C), meningkat pada siklus II rata-rata 92,00% (SB) c) pelaksanaan pada aspek siswa siklus I rata-rata 75,71% (C),meningkat pada siklus II rata-rata 94,23% (SB) d) hasil belajar siswa siklus I rata-rata 71,33 (C), meningkat pada siklus II rata-rata 80,27 (B). Dengan demikian, Model Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 01 Suayan Kec.Akabiluru.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 03:58 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 03:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20461 |