Penerapan Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Musik) di Kelas VIII-B SMP Negeri 9 Tebo

Primadoni, Ferry Rahman (2017) Penerapan Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Musik) di Kelas VIII-B SMP Negeri 9 Tebo. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_FERRY_RAHMAN_PRIMADONI_1205439_1389_2017.pdf] Text
final_B1_06_FERRY_RAHMAN_PRIMADONI_1205439_1389_2017.pdf

Download (592kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran seni budaya (Musik) di kelas VIII B SMP Negeri 9 Tebo dengan
menerapkan model pembelajaran langsung. Penelitian ini termasuk dalam jenis
penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan
setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek
penelitian adalah adalah kelas VIII-B SMP Negeri 9 Tebo dengan jumlah siswa
sebanyak 24 orang. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahapan
yaitu seleksi data, klasifikasi data, dan presentase data.
Hasil penelitian ini jika dilihat dari data nilai hasil belajar siswa meningkat
dari pra siklus ke siklus 1, dan lebih meningkat lagi pada siklus 2. Jumlah nilai
hasil belajar siswa sebelum menerapkan model pembelajaran langsung yaitu pada
pra siklus hanya sebanyak 1696 dengan rata-rata nilai 70,7 yang kemudian
meningkat pada siklus 1 yaitu sebesar 1853 dengan rata-rata nilai 77,2 dan
kemudian meningkat lagi pada siklus ke 2 yaitu meningkat menjadi 2001 dengan
rata-rata nilai 83,4.
Jika dilihat dari aspek ketuntasan hasil belajar siswa dengan menerapkan
model pembelajaran langsung meningkat secara signifikan, dari pra siklus
sebanyak 7 orang siswa yang tuntas lalu meningkat menjadi 19 orang pada siklus
1 kemudian meningkat lagi menjadi 24 orang siswa atau bisa dikatakan tuntas
100% pada siklus ke 2. Untuk jumlah siswa yang tidak tuntas juga mengalami
penurunan, yaitu pada pra siklus adalah sebanyak 17 orang kemudian menurun
menjadi 5 orang pada siklus ke 1 dan kemudian menurun bahkan tidak ada lagi
siswa yang tidak tuntas pada siklus ke 2.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 06 Aug 2025 03:58
Last Modified: 06 Aug 2025 03:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20458

Actions (login required)

View Item
View Item