Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Metode Role Playing di Kelas V SDN 10 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman

Pratama, Deri (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Metode Role Playing di Kelas V SDN 10 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DERI_PRATAMA_96247_1349_2014.pdf] Text
final_B1_6_DERI_PRATAMA_96247_1349_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS yang belum disajikan dengan cara yang menarik, menantang minat siswa, serta kurang menghubungkan materi pelajaran dengan kehidupan masyarakat pada saat ini sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran dan standar ketuntasan dalam pembelajaran IPS yang diharapkan belum tercapai. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode role playing di kelas V SDN 10 Nan Sabaris Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 10 Nan Sabaris Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pada bulan Mei dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini adalah hasil pengamatan dari setiap tindakan yang dilaksanakan pada proses pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi dan lembar tes. Data dianalisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam a) perencanaan pada siklus I memperoleh nilai 69,6% dengan kualifikasi cukup meningkat menjadi 89% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II, b) pelaksanaan pembelajaran dari aktivitas guru mempeoleh nilai 77,7% dengan kualifikasi baik pada siklus I meningkat menjadi 94,4% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II, pada aktivitas siswa diperoleh rata-rata dengan nilai persentase 77,7% dengan kualifikasi baik pada siklus I meningkat menjadi 94,4% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II, c) hasil belajar mengalami peningkatan dari rata-rata 72,3 pada siklus I menjadi 82,3 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran IPS dengan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 10 Nan Sabaris Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: IPS, Role Playing, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 06 Aug 2025 01:52
Last Modified: 06 Aug 2025 01:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20437

Actions (login required)

View Item
View Item