Nurdi Anggraini, Vivi (2013) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Instans Asessment terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Redoks Kelas X di SMA Pembangunan Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_VIVI_NURDI_ANGGRAINI_05102_5077_2013.pdf [thumbnail of final_B1_7_VIVI_NURDI_ANGGRAINI_05102_5077_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_VIVI_NURDI_ANGGRAINI_05102_5077_2013.pdf
Download (488kB)
Abstract
Kurangnya aktivitas dalam proses pembelajaran yang dilakukan kelasX membuat siswa merasa jenuh selama proses pembelajaran sehingga ini mengakibatkan hasil belajar siswa belum tuntas. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah di atas adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran Aktif Tipe InstansAsessment. Strategi ini akan membuat siswa aktif, kreatif dan bersemangat selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajarsiswa pada materi redoks. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi adalah semua siswa kelas X yang terdaftar pada semester II tahun ajaran 2012/2013 di SMA Pembangunan Padang dengan total 7 kelas yang tiap – tiap kelas berjumlah 38 orang. Sampel penelitian diambil dari anggota populasi, pengambilannya menggunakan teknik random sampling. Setelah uji homogenitas dan normalitas diperoleh kelas Xb sebagai kelas eksperimen dan kelas Xa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes di akhir penelitian. Dari hasil penelitian diperoleh rata – rata kelas eksperimen (75,13) dan kelas kontrol (53,42). Hasil uji normalitas dan homogenitas dari kedua kelas sampel diperoleh bahwa kedua sampel terdistribusi normal dan mempunyai varians yang tidak homogen. Maka uji hipotesis yang digunakan adalah uji t’. Setelah dilakukan uji t’ dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Instans Asessment hasil belajar lebih tinggi secara signifikan daripada menggunakan pembelajaran konvensional pada materi reaksi oksidasi reduksi kelas X di SMA Pembangunan Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Instans Asessment, Random Sampling, Reaksi Reduksi-Oksidasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Zul Fikri Haikal |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 07:55 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 07:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20417 |