Ristayati, Ristayati (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Di Kelas IV SDN 15 Ulu Gadut Kec. Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RISTAYATI_56968.pdf [thumbnail of final_B1_6_RISTAYATI_56968.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RISTAYATI_56968.pdf
Download (364kB)
Abstract
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) bertujuan untuk membentuk warganegara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warganegara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Pembelajaran ini, seharusnya mendapat perhatian khusus baik bagi guru dan siswa, namun pada kenyataannya tidak jarang dalam pembelajaran PKn, guru kurang bervariasi menggunakan media, metode, model pembelajaran dalam penyampaian materi sehingga kurang menarik perhatian siswa, guru lebih cenderung berceramah dan terfokus pada buku paket, guru juga kurang mengaitkan pembelajaran dengan permasalahan dunia nyata siswa. Permasalahan tersebut akan berdampak pada siswa yaitu siswa cenderung pasif karena hanya menerima materi yang disampaikan guru. Motivasi dan minat belajar siswa menjadi berkurang, siswa merasa pembelajaran kurang bermakna dan menjenuhkan, dan hasil belajar siswa rendah, tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan rancangan pembelajaran, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning pada pembelajaran PKn. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berupa hasil pengamatan dan hasil tes setiap tindakan dalam pembelajaran PKn. Sumber data penelitian adalah proses kegiatan pembelajaran PKn dengan menggunakan model Problem Based Learning. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 15 Ulu Gadut Kec. Pauh Kota Padang yang berjumlah 33 orang. Penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn dengan menggunakan model Problem Based learning, hal ini dapat dilihat dari kemampuan guru merancang pembelajaran dari 64,29% menjadi 87,5%, aktivitas guru dari 67,19% menjadi 85,94%, aktivitas siswa dari 64,07% menjadi 82,82%. Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I dengan rata-rata 65,85, pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 68,94, dan pada siklus II pertemuan I rata-rata 72,42, pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 80,03.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar,PBL |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 04:59 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 04:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20403 |