Konstruksi Sosial Media Online Dalam Menyoroti Pilpres 2019 (Analisa Framing Pemberitaan Debat Pilpres 2019 Putaran Pertama dan Kelima Pada republika.co.id dan tempo.co).

Sari, Eka Novita (2019) Konstruksi Sosial Media Online Dalam Menyoroti Pilpres 2019 (Analisa Framing Pemberitaan Debat Pilpres 2019 Putaran Pertama dan Kelima Pada republika.co.id dan tempo.co). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_EKA_NOVITA_SARI_4556_14058033_2019.pdf] Text
B1_04_EKA_NOVITA_SARI_4556_14058033_2019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Media massa memiliki peran sebagai sumber informasi bagi masyarakat. Informasi yang dimuat oleh media massa dalam bentuk teks berita, biasanya, dalam proses produksinya terikat dengan faktor-faktor tertentu, seperti kaidah-kaidah jurnalistik, ideologi media, kepemilikan media bahkan kepentingan politik. Sikap media kemudian mengakibatkan realitas yang diwartakan bukanlah nyata melainkan berita adalah bangunan konstruksi pemikiran media dan wartawan untuk kemudian dihantarkan pada khalayak. Konstruksi tersebut adalah usaha media untuk menarik atensi pembaca serta mempengaruhi pembaca agar ketika memaknai suatu realitas, makna tersebut serupa dengan makna yang dibentuk dan diharapkan oleh media. Bertolak dari hal tersebut, penelitian ini mencoba mengetahui bagaimana debat Pilpres sebagai salah satu agenda Pilpres 2019 dikonstruksi oleh media republika.co.id dan tempo.co melalui teks-teks berita yang diproduksinya. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe deskriptif. Metode analisis yang digunakan analisis framing dari Zhongdan Pan dan Gerald M. Kosicki yang memiliki empat perangkat framing yang terdiri dari, Sintaksis, Skrip, Tematik dan Retoris.
Hasil dari penelitian ini menunjukan: 1) Dari segi objek framing, pada berita debat pertama baik republika.co.id dan tempo.co, dalam teks beritanya membentuk framing berlandaskan moral dan ideologi media itu sendiri yakni visi misi media. Kedua media tersebut sama-sama membawa sebuah ide dan isu besar dalam setiap pemberitaanya, hal ini kemudian teraplikasi dalam teks-teks berita yang linear dengan ide luhur media. Republika.co.id secara konsisten membawa isu-isu yang kerap disinggungkan dengan Islam yang seperti masalah terorisme, dalam teks beritanya republika.co.id menggunakan unsur framing untuk mematahkan asumsi tersebut. Hal ini sesuai dengan ide besar media yang tertera dan visi-misi Republika. Tempo.co sebagai media dengan citra nasionalis dan humanis, membuat tempo.co cenderung menyerukan isu-isu sosial seperti HAM dalam teks-teks beritanya, hal ini sesuai dengan visi-misinya. Pada berita kelima, objek framing lebih mengarah pada ketokohan salah satu Paslon. 2) Berkaitan dengan sikap politik media, penelitian ini menunjukkan bahwa kedua media tersebut tidak begitu leluasa untuk memperlihatkannya. Namun, meskipun tidak begitu jelas, tapi sikap politik tersebut tetap bisa ditemukan pada berita debat kelima.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KONSTRUKSI SOSIAL, FRAMING, DEBAT PILPRES, REPUBLIKA.CO.ID, TEMPO.CO
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 05 Aug 2025 03:29
Last Modified: 05 Aug 2025 03:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20392

Actions (login required)

View Item
View Item