Lusi, Dian Firda (2018) Efektivitas Modul Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Berbasis Discovery Learning terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_08_DIAN_FIRDA_LUSI_14035067_2730_2018.pdf [thumbnail of final_B1_08_DIAN_FIRDA_LUSI_14035067_2730_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_08_DIAN_FIRDA_LUSI_14035067_2730_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Telah tersedia modul larutan elektrolit dan nonelektrolit berbasis discoverylearning yang valid dan praktis, namun belum diuji efektivitasnya. Oleh karenaitu penelitian bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas modul larutan elektrolitdan nonelektrolit terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa. Ujiefektivitas modul dilakukan melalui penelitian eksperimen semu (quasiexsperiment) dengan desain Pretest-Posttest Control Grup Design. Populasipenelitian seluruh siswa kelas X MIPA SMAN 2 Bukittinggi. Sampel penelitiandiambil melalui teknik purposive random cluster sampling, terpilih kelas X MIPA5 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumenpenelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar dan lembar penilaianketerampilan berpikir kritis. Teknik analisis data hasil belajar denganmenggunakan SPSS 16 software dan keterampilan berpikir kritis dengan teknikpersentase. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa N-gain kelaseksperimen (0.76) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (0.67). Teknik analisisdata menunjukkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol terdistribusi normaldan memiliki varian yang homogen, sehingga dilakukan uji-t. Dari hasil analisisuji-t diperoleh (sig) 0.006 < 0.05 yang menandakan bahwa hasil belajar kelaseksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada kelas kontrol. Berdasarkananalisis data keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh nilai rata-rataketerampilan berpikir kritis siswa sebesar 87 %. Temuan penelitian menunjukkanbahwa penggunaan modul larutan elektrolit dan nonelektrolit berbasis discoverylearning efektif terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa diSMAN 2 Bukittinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LARUTAN ELEKTROLIT, NONELEKTROLIT, DISCOVERY LEARNING, HASIL BELAJAR, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 02:24 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 02:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20382 |