Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas V SD Negeri 08 Padang Besi Kota Padang

Muliani, Deni (2019) Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas V SD Negeri 08 Padang Besi Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_DENI_MULIANI_14129011_1318_2019.pdf] Text
final_B1_06_DENI_MULIANI_14129011_1318_2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran kurang melibatkan seluruh siswa dalam kegiatan berfikir menemukan konsep dari materi yang akan dipelajari, pembelajaran kurang memberikan kesempatan kepada siswa secara aktif berbagi informasi kepada teman maupun kelompok, kerjasama antar siswa kurang terlihat dalam pembelajaran karena tidak mengkondisikan siswa belajar berkelompok dan RPP yang di rancang belum sesuai dengan sistematika pembuatan RPP yang seharusnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan model Cooperative Learning Tipe Think PairShareuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berupa hasil pengamatan dan tindakan serta hasil tes. Subjek penelitian adalah guru dan siswa yang berjumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar pengamatan dan lembar tes. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan mengalami peningkatan sebagai berikut: 1) Penilaian rata-rata RPP siklus I yaitu 83,9% dengan kualifikasi baik (B), meningkat ke siklus II menjadi 92,8% dengan kualifikasi sangat baik (SB). 2) Penilaian pelaksanaan pembelajaran aspek guru dan siswa siklus I nilai rata-rata yaitu 79,7% dengan kualifikasi baik (B), meningkat ke siklus II menjadi 93,7% dengan kualifikasi sangat baik (SB). 3) Pada hasil belajar siklus I rata-rata nilai yaitu 77,7% dengan kualifikasi baik (B), meningkat ke siklus II menjadi 86,7% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan model Cooperative Learning Tipe Think PairSharedapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Think PairShare, Hasil Belajar, IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Assariy Ramdhani
Date Deposited: 05 Aug 2025 01:06
Last Modified: 05 Aug 2025 01:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20380

Actions (login required)

View Item
View Item