Novita, Dema (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching di Kelas IV SD Negeri 07 Belakang Balok Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_DEMA_NOVITA_1204990_1970_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_DEMA_NOVITA_1204990_1970_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_DEMA_NOVITA_1204990_1970_2017.pdf
Download (976kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan di SD bahwa hasil belajar IPS masih rendah. Hal ini disebabkan karena komunikasi dan interaksi yang terjadi dalam pembelajaran masih dominan bersifat satu arah dari guru ke siswa, selama proses pembelajaran siswa lebih banyak pasif mendengarkan dan menerima apa yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching di kelas IV SD Negeri 07 Belakang Balok Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 07 Belakang Balok Bukittinggi yang berjumlah 23 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan observasi dan hasil tes. Hasil penelitian siklus I penilaian RPP rata-rata 76,78% dengan kualifikasi baik dan siklus II 85,71% dengan kualifikasi sangat baik. Aktivitas guru pada siklus I rata-rata 74,99% dengan kualifikasi baik dan pada siklus II 85,71% dengan kualifikasi sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I rata-rata 71,42% dengan kualifikasi baik dan pada siklus II 82,14% dengan kualifikasi sangat baik. Penilaian terhadap hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 79,85 dan pada siklus II 90,68. Dengan demikian dapat disimpulkan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri 07 Belakang Balok Bukittinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar,Quantum Teaching,SD Negeri 07 Belakang Balok Bukittinggi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Assariy Ramdhani |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 01:06 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 01:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20378 |