Monica, Dwita (2013) Hubungan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Rangkaian Listrik Elektronika Siswa Kelas X TITL SMK Negeri 5 Padang Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_DWITA_MONICA_02700_1715_2013.pdf [thumbnail of B1_04_DWITA_MONICA_02700_1715_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_DWITA_MONICA_02700_1715_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Disiplin belajar adalah kondisi yang terbentuk melalui keteraturan siswa dalam mengikuti pembelajaran baik yang didasari kesadaran sendiri ataupun keterpaksaan dari peraturan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar siswa kelas X TITL pada mata diklat Rangkaian Listrik Elektronika (RLE) di SMK Negeri 5 Padang Tahun Ajaran 2011/2012.
Metode penelitian yang digunakan adalah motode korelasional dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X TITL jurusan Teknik Ketenagalistrikan di SMK Negeri 5 Padang Tahun Ajaran 2011/2012, sebanyak 47 orang. Penelitian ini menggunakan 2 variabel, yaitu disiplin belajar (X) dan hasil belajar (Y). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data variabel x adalah angket dalam bentuk skala likert berjumlah 36 buah pernyataan yang telah diuji validitasnya melalui program SPSS 17.0 dan variabel y adalah nilai hasil belajar Rangkaian Listrik Elektronika (RLE) yang didapat dari tes berjumlah 26 soal yang diuji validitasnya mealui microsoft excel 2007.
Untuk menguji hipotesis digunakan rumus korelasi pearson product moment. Hasil analisis korelasi antara disiplin belajar dengan hasil belajar diperoleh nilai r hitung sebesar 0,92 dan nilai t hitung sebesar 15,74, karena nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (15,74 > 1,625), maka hipotesis Ho ditolak sedangkan hipotesis Ha diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar pada mata diklat RLE (Rangkaian Listrik Elektronika) di SMK Negeri 5 Padang T.A 2011/2012.
Implikasi hasil penelitian adalah bahwa disarankan kepada guru mata diklat RLE untuk meningkatkan disiplin belajar siswanya. Hal ini dapat diterapkan dengan pemberian sanksi kepada siswa yang melanggar aturan maupun dengan memberikan hadiah kepada siswa yang sanggup melaksanakan disiplin belajar dengan baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 09:54 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 09:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20375 |