Putri, Deni Eka (2011) Peningkatan Hasil Belajar Pengukuran Panjang dengan Metode Problem Solving di Kelas IV SD Negeri 07 Situjuah Gadang Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DENI_EKA_PUTRI_50505_766_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_DENI_EKA_PUTRI_50505_766_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DENI_EKA_PUTRI_50505_766_2012.pdf
Download (638kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran pemecahan masalah pengukuran panjang, masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasn minimal (KKM).. Pelaksanaan pembelajaran melalui pembelajaran dengan metode problem solving yaitu dengan langkah-langkah: 1) memahami masalah, 2) merumuskan masalah, 3) solusi masalah dan solusi yang tepat dan 4) mengambil kesimpulan.. Melalui pembelajaran seperti itu menuntut siswa untuk menguasai seluruh topik yang dipelajari.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus melakukan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.. Data penelian ini berupa informasi aktivitas guru dan siswa, tes awal dan tes akhir pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV terteliti yang berjumlah 16 orang dengan rincian 9 orang laki–laki dan 7 orang perempuan.
Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, terlihat bahwa hasil belajar siswa meningkat. Nilai rata-rata siswa pada tes yang diadakan tindakan pada siklus I dengan rata-rata 73,12 dengan persentase 69%. Kemudian diadakan lagi tindakan pada siklus II. Pada siklus II nilai rata-rata siswa semakin meningkat yaitu mencapai rata–rata 86,25 dengan persentase 94%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar pengukuran panjang siswa di kelas IV SD Negeri 07 Situjuah Gadang Kabupaten Lima Puluh Kota. Oleh sebab itu, disarankan agar guru dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan pendekatan metode Problem Solving tujuan untuk dapat meningkatkan hasil dan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Solving, Hasil Belajar, Pengukuran Panjang |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 09:54 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 09:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20373 |