Suryanila, Suryanila (2013) Peningkatkan Hasil belajar Luas Jajargenjang dan Segitiga dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) di Kelas IV SDN 02 V Koto Kabupaten Mukomuko. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SURYANILA_57082_2039_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_SURYANILA_57082_2039_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SURYANILA_57082_2039_2013.pdf
Download (747kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran belum menggali pengetahuan anak dan belum memberi kesempatan pada siswa untuk menemukan sendiri, dimana yang aktif guru sehingga proses proses pembelajaran kurang menarik bagi siswa dan hasil belajar dicapai siswa kurang memuaskan. Selain itu dalam penyampaian materi pembelajaran guru kurang mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran luas jajargenjang dan segitiga dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) di kelas IV SDN 02 V Koto Kabupaten Mukomuko. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantatif. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri dari dua siklus yang dilakukan secara kolaboratif dengan teman sejawat. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 02 V Koto Kabupaten Mukomuko yang berjumlah 16 orang. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, tes/soal dan dokumentasi. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran luas jajargenjang dan segitiga dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari penilaian (1) Perencanaan terjadi peningkatan dari 64,28% pada siklus I menjadi 78,57 % pada siklus II, (2) Pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru meningkat dari 66,07 % pada siklus I menjadi 78,57 % pada siklus II dan pelaksanaan pembelajaran dari aspek siswa meningkat dari 62,5 % pada siklus I menjadi 80,35 % pada siklus II serta (3) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari aspek kognitif 58,43% pada siklus I menjadi 84,88 % pada siklus II. Dari aspek afektif 64,48% pada siklus I menjadi 82,4% pada siklus II, dari aspek psikomotor 65,17% pada siklus I menjadi 83,79% pada siklus II.Melihat hasil penelitian ini, maka penelitian tindakan kelas dalam peningkatan hasil belajar luas jajargenjang dan segitiga dengan pendekatan CTL perlu diterapkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. i
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 09:53 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 09:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20365 |