Peningkatan Proses Pembelajaran Tema 6 dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas I SD Negeri 31 Teluk Bayur Kota Padang

Inkulturani, Demitria (2015) Peningkatan Proses Pembelajaran Tema 6 dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas I SD Negeri 31 Teluk Bayur Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DEMITRIA_INKULTURANI_58742_6161_2015.pdf] Text
final_B1_6_DEMITRIA_INKULTURANI_58742_6161_2015.pdf

Download (981kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa guru kurang memberikan masalah sesuai dengan kehidupan siswa, kurang memupuk kemampuan siswa untuk memecahkan suatu masalah nyata yang ada di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran siswa dalam pembelajaran tema 6 dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas I SDN 31 Teluk Bayur.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 31 Teluk Bayur Kota Padang dengan jumlah siswa 25 orang dan peneliti berperan sebagai praktisi serta guru kelas berperan sebagai observer. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak II siklus.
Hasil penelitian pada siklus I penilaian terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran mendapat rata-rata nilai 65% dengan kriteria kurang meningkat menjadi 83% dengan kriteria baik. Aktivitas guru pada siklus I nilai persentase yang diperoleh 62% dengan kriteria cukup meningkat menjadi 85% dengan kriteria baik. Aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan nilai persentase 62% dengan kriteria cukup dan meningkat menjadi 85% dengan kriteria baik. Penilaian terhadap proses belajar siswa siklus I pada penilaian sikap 2,53 (B-) dengan kriteria baik meningkat menjadi 3,32 (B+) dengan kriteria baik. Penilaian pengetahuan siklus I diperoleh rata-rata nilai 2,77 (B) dengan kriteria baik meningkat menjadi 3,29 (B+), dan penilaian keterampilan siklus I diperoleh rata-rata nilai 2,60 (B-) dengan kriteria baik dan meningkat menjadi 3,27 (B+) dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan proses pembelajaran siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran, Problem Based Learning, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 04 Aug 2025 09:50
Last Modified: 04 Aug 2025 09:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20358

Actions (login required)

View Item
View Item