Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Kepala Bernomor Terstruktur (KBT) di Kelas IV SD Angkasa II Lanud Kota Padang

Apfani, Sry (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Kepala Bernomor Terstruktur (KBT) di Kelas IV SD Angkasa II Lanud Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_SRY_ APFANI_96277_5786_ 2013.pdf] Text
final_B1_06_SRY_ APFANI_96277_5786_ 2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran PKn yang dilakukan secara konvensional oleh guru. Pembelajaran hanya bersifat individual sehingga siswa menjadi kurang aktif dan standar ketuntasan belajar yang ditetapkan dalam pembelajaran PKn belum tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Model cooperative Learning tipe Kepala Bernomor Terstruktur Di Kelas IV SD Angkasa II Lanud Kota Padang.
Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Angkasa II Lanud Kota Padang. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus 1 terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus 2 terdiri dari 1 kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam a) perencanaan pada siklus I memperoleh persentase nilai 71,91% meningkat menjadi 96,42% pada siklus II, b) pelaksanaan pembelajaran PKn dari aspek guru meningkat dari 73,43% pada siklus I menjadi 96,87% pada siklus II, pada aspek siswa diperoleh rata-rata persentase 70,31% pada siklus I meningkat menjadi 96,87% pada siklus II, c) hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn siswa mengalami peningkatan dari 72,74 pada siklus I menjadi 86,11 pada siklus II. Dengan demikian, Model cooperative Learning tipe Kepala Bernomor Terstruktur (KBT) dapat meningkatkan hasil belajar PKn di kelas IV SD Angkasa II Lanud Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Cooperative Learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 04 Aug 2025 09:47
Last Modified: 04 Aug 2025 09:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20344

Actions (login required)

View Item
View Item