Studi Terhadap Pembelajaran Praktik Pengelasan Las Busur Manual (SMAW) di SMK Negeri 10 Padang

Dwi Irawan, Panca Eka Paksi (2021) Studi Terhadap Pembelajaran Praktik Pengelasan Las Busur Manual (SMAW) di SMK Negeri 10 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_PANCA_EKA_PAKSI_DWI_IRAWAN_14067060_5336_2021.pdf] Text
final_B1_7_PANCA_EKA_PAKSI_DWI_IRAWAN_14067060_5336_2021.pdf

Download (736kB)

Abstract

Lulusan SMK dibekali dengan beberapa kompetensi yang harus dikuasi, salah satu kompetensi yang harus dimiliki adalah kemampuan dalam bidang pengelasan. Kemampuan pengelasan diharapkan agar siswa mampu bekerja di dunia industry yang ada. Keahlihan dalam bidang pengelasan merupakan bagian dari mata pelajaran pengelasan yang harus dikuasi oleh siswa. Namun, fenomena yang ditemui dilapangan yaitu siswa kurang berminat dalam mengikuti pelajaran teori pengelasan karena guru menggunakan strategi pembelajaran model ceramah sehingga siswa menjadi menjenuh, tetapi siswa berminat mengikuti kegiatan praktek. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) proses pembelajaran pengelasan di SMK Negeri 10 Padang secara umum, (2) proses pembelajaran pengelasan di SMK Negeri 10 Padang ditinjau dari kompetensi guru, (3) persepsi siswa terhadap tahapan pembelajaran pengelasan di SMK Negeri 10 Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa SMK Negeri 10 Padang jurusan Teknik Kapal Niaga. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling dimana sampel diambil dari keseluruhan populasi yang ada yaitu sebanyak 40 orang. Penelitian dilaksanakan dengan mengumpulkan data menggunakan angket model sakala likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) proses pembelajaran pengelasan di SMK Negeri 10 Padang secara umum berada pada kategori baik dengan persentase 60%, (2) proses pembelajaran pengelasan di SMK Negeri 10 Padang ditinjau dari kompetensi guru berada pada kategori baik dengan persentase 50%, (3) persepsi siswa terhadap tahapan pembelajaran pengelasan di SMK Negeri 10 Padang berada pada kategori baik dengan persentase 70%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pengelasan, Kompetensi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1
Depositing User: Putra Albestin
Date Deposited: 04 Aug 2025 09:38
Last Modified: 04 Aug 2025 09:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20340

Actions (login required)

View Item
View Item