Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Demonstrasi di Kelas IV SDIT Cahaya Pelangi Kota Sawahlunto

Sepniwati, Delvia (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Demonstrasi di Kelas IV SDIT Cahaya Pelangi Kota Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DELVIA_SEPNIWATI_09904_2451_2016.pdf] Text
final_B1_6_DELVIA_SEPNIWATI_09904_2451_2016.pdf

Download (235kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di SDIT Cahaya Pelangi Kota Sawahlunto bahwa dalam pembelajaran di kelas IV yang dilaksanakan oleh guru belum mengoptimalkan siswa dalam proses pembelajaran, hingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Oleh sebab itu dilakukan tindakan dengan metode demonstrasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDIT Cahaya Pelangi Kota Sawahlunto.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian meliputi (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Data ini diperoleh dengan Obesrvasi, Tes, dan Analisis Data. Penelitian dilakukan di kelas V SDIT Cahaya Pelangi Kota Sawahlunto, dengan jumlah 11 orang. Penelitian ini dilakukan dua siklus, siklus terdiri dari dua kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Penilaian RPP siklus I memperoleh nilai rata-rata 78,57%, meningkat menjadi 89,27% pada siklus II. Penilaian pelaksanaan pelaksanaan aktivitas guru memperoleh nilai rata-rata 74% meningkatkan menjadi 90%. Untuk aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata 78% meningkat menjadi 87%. Penilaian hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 69,65% dan meningkat pada siklsu II menjadi 82,25%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode demonstarsi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDIT Cahaya Pelangi Kota Sawahlunto.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode demonstrasi, hasil belajar, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 04 Aug 2025 09:37
Last Modified: 04 Aug 2025 09:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20327

Actions (login required)

View Item
View Item