Wendra, Delufi Mei (2022) Meta Analisis Pengaruh Penggunaan PhET Simulation Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DELUFI_MEI_WENDRA_17033053_1899_2022.pdf [thumbnail of final_B1_6_DELUFI_MEI_WENDRA_17033053_1899_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DELUFI_MEI_WENDRA_17033053_1899_2022.pdf
Download (1MB)
Abstract
PhET simulation adalah simulasi pembelajaran interaktif yang banyak diteliti oleh peneliti sebelumnya. Penelitian peneliti sebelumnya belum adanya penelitian yang mengkaji secara menyeluruh mengenai PhET simulation terhadap hasil belajar fisika siswa SMA/MA, berdasarkan tingkatan kelas, materi pelajaran, metode, model, dan jenis hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan effect size menggunakan metode meta-analisis dari penelitian sebelumnya.
Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian meta-analasis. Meta analasis merupakan penelitian yang merangakum data penelitian yang telah ada diteliti sebelumnya dan data bersifat kuantitatif. Adapun artikel yang dianalisis berjumlah 26 artikel, berdasarkan tahun terbit antara tahun 2014 sampai 2020 didapatkan melalui website pencaharian Google Scholar, GARUDA, SINTA, dan Scilit. Teknik analisis data dilakukan dengan menghitung effect size menggunakan persamaan Cohen’s.
Hasil penelitian: nilai effect size pengaruh penggunaan PhET simulation terhadap hasil belajar sebesar 0.723 tergolong sedang dan terbukti penggunaan PhET simulation ini efektif diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa SMA/MA. Adapun nilai effect size paling tinggi terkategori yang didapat: Pertama, terjadi pada tingkatan kelas X [ES 0.898] dengan taraf kepercayaan data dikelas XI. Kedua, pada materi Fluida [ES 1.174] dengan taraf kepercayaan tinggi data pada materi Elastisitas. Ketiga, pada metode Demonstrasi [ES 1.08] dengan taraf kepercayaan tinggi data pada metode Simulasi. Keempat, pada model Perubahan Konseptual [ES 1.040] dengan taraf kepercayaan tinggi data pada model Discovery Learning. Kelima, pada aspek Keterampilan [ES 0.795] dengan taraf kepercayaan tinggi data pada aspek Pengetahuan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meta Analisis, PhET Simulation, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 09:35 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 09:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20320 |