Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKN dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Make a Match di Kelas IV SDN 28 Taratak VIII Atar Kabupaten Tanah Datar

Sri, Widyas Tuty (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKN dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Make a Match di Kelas IV SDN 28 Taratak VIII Atar Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_SRI_WIDYAS_TUTY_93554_4730_2017.pdf] Text
final_B1_06_SRI_WIDYAS_TUTY_93554_4730_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran PKN di kelas IV SDN 28 Taratak VIII Atar Kabupaten Tanah Datar belum dilaksanakan dengan baik. Guru cenderung menggunakan pendekatan yang konvensional, yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKN dengan menggunakan model make a match di kelas IV SDN 28 Taratak VIII Atar Kabupaten Tanah Datar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian terdiri dari 2 siklus, Siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Setiap sikus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan semester II tahun ajaran 2016/2017. Data penelitian diperoleh melalui observer, lembar pengamatan, dan hasil tes.
Hasil penelitian dengan menggunakan model cooperative learning tipe make a match dalam pembelajaran PKN untuk RPP siklus I yaitu 67,2% dan meningkat menjadi 87,5 % pada siklus II. Untuk aspek guru siklus I yaitu 74% dan meningkat menjadi 80,8% pada siklus II. Sedangkan aspek siswa siklus I yaitu 68,3% meningkat menjadi 80,8 % pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 70 meningkat menjadi 82,3 pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model make a match dapat meningkatkan hasil belajar PKN di kelas IV SDN 28 Taratak VIII Atar Kabupaten Tanah Datar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan hasil belajar, Pendidikan Kewarganegaraan (PKN), Model Cooperative Learning.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
J Political Science > J General legislative and executive papers
J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 04 Aug 2025 08:13
Last Modified: 04 Aug 2025 08:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20314

Actions (login required)

View Item
View Item