Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Metode Generating Interacting Schemata And Text (GIST) bagi Siswa kelas IV SDN 13 Pasar Kambang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Rahmi, Yulia (2017) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Metode Generating Interacting Schemata And Text (GIST) bagi Siswa kelas IV SDN 13 Pasar Kambang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_YULIA_RAHMI_1204913146_2018.pdf] Text
final_B1_06_YULIA_RAHMI_1204913146_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa dalam proses pembelajaran membaca pemahaman guru kurang tepat dalam memilih wacana yang cocok sesuai dengan kemampuan siswa, kurangnya penerapan pemahaman siswa terhadap suatu bacaan. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan metode GIST. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan metode GIST terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Subjek dalam penelitian adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan. Dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan pengamatan, dan refleksi.
Hasil yang dicapai selama pembelajaran pada siklus I masih belum berhasil. Nilai rata-rata kelas pada tahap prabaca pada siklus I 65,00 (cukup) pada siklus II meningkat menjadi 75,00 (B), tahap saatbaca siklus I 68,00 (cukup) pada siklus II meningkat menjadi 79,00 (B),tahap pascabaca (65,00) pada siklus II meningkat menjadi 74,00 (B). Perbaikan proses pembelajaran yang dilakukan membuat siswa lebih memahami serta mampu menemukan kalimat utama serta mampu membuat ringkasan paragraf. Hal ini juga berdampak kepada meningkatkan kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan dan menyimpulkan isi bacaan dengan mudah. Dengan demikian metode GIST dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Keterampilan, Metode Generating Interacting Schemata And Text (GIST)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fini Alya Putri
Date Deposited: 04 Aug 2025 08:07
Last Modified: 04 Aug 2025 08:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20308

Actions (login required)

View Item
View Item