Narmi, Yulia (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick di Kelas V SD Negeri 03 Pakan Kurai Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_YULIA_NARMI_1200685_926_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_YULIA_NARMI_1200685_926_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_YULIA_NARMI_1200685_926_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN 03 Pakan Kurai Kota Bukittnggi karena guru kurang mengaktifkan siswa dalam kegiatan kelompok maupun diri siswa itu sendiri, sehingga siswa hanya monoton, kurang aktf dan jarang sekali mengeluarkan pendapat dalam proes pembelajaran dan dalam proses pembelajaran yang masih bersifat konvensional sehingga kurang menarik dan memotivasi siswa dalam belajar. Model yang dapat digunakan guru untuk mengatasi masalah tersebut adalah model Talking Stick. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model Talking Stick di kelas V SDN 03 Pakan Kurai Kota Bukittinggi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Pakan Kurai kota Kota Bukittinggi sebanyak 29 orang, yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan tahap-tahap model pembelajaran Talking stick.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) Perencanaan siklus I rata-ratanya 83% dengan kualifikasi baik, siklus II rata-ratanya 93% dengan kualifikasi sangat baik, b) Pelaksanaan siklus I aspek guru rata-ratanya 88% dengan kualifikasi baik, pada siklus II rata-ratanya 96% dengan kualifikasi sangat baik dan pelaksanaan siklus I aspek siswa rata-ratanya 85% dengan kualifikasi baik, pada siklus II rataratanya 93% dengan kualifikasi baik , c) Hasil belajar siswa siklus I rata-ratanya 75 dengan kualifikasi cukup, siklus II rata-ratanya 87 dengan kualifikasi baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkat hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPS, Talking Stick |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fini Alya Putri |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 08:04 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 08:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20298 |