Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) bagi Siswa Kelas IV SDN 07 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang

Lailana, Surya (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) bagi Siswa Kelas IV SDN 07 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SURYA_LAILANA_PUTRA_MS_01375_4331_2012.pdf] Text
final_B1_6_SURYA_LAILANA_PUTRA_MS_01375_4331_2012.pdf

Download (621kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA yang selama ini masih berpusat kepada guru sehingga berlangsung pembelajaran IPA yang membosankan. Disamping itu standar ketuntasan dalam pembelajaran IPA yang diinginkan belum tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) bagi siswa kelas IV SDN SDN 07 Indarung kecamatan Lubuk Kilangan kota Padang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan hasil tes. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SDN SDN 07 Indarung kecamatan Lubuk Kilangan kota Padang. Subjek penelitian adalah guru (observer), teman sejawat (observer), peneliti (praktisi), dan siswa kelas IV SDN 07 Indarung yang berjumlah sebanyak 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada hasil belajar IPA siswa. Persentase nilai kognitif pada siklus I adalah 71,04% dan pada siklus II persentase nilai kognitif siswa adalah 92,86%. Persentase peningkatan hasil nilai rata-rata dari siklus I dan siklus II adalah 21,02%. Pada aspek afektif diperoleh persentase skor rata-rata 68,5% pada siklus I dan 80% pada siklus II, meningkat 11,5% dengan kategori baik. Aspek psikomotor diperoleh skor 71,4% pada siklus I dan 82,85% pada siklus II, meningkat 11,45% dengan kategori baik. Dengan demikian, model PBL dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 07 Indarung kecamatan Lubuk Kilangan kota Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Problem Based Learning (PBL)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 04 Aug 2025 08:04
Last Modified: 04 Aug 2025 08:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20293

Actions (login required)

View Item
View Item